Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kuliner Pada Mahasiswa Di Yogyakarta

Wulandari, Cintya Monica (2020) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Kuliner Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI2.docx

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kuliner pada mahasiswa di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 123 Mahasiswa dengan karakteristik mahasiswa yang berada di Yogyakarta dan berusia 18-25 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Konformitas dan Skala Perilaku Konsumtif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0.477 dengan p = 0.000 (p< 0.050) yang berarti ada hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk kuliner pada mahasiswa di Yogyakarta. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Selain itu hasil analisis data tersebut juga menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.228 yang menunjukkan bahwa variabel konformitas memberikan kontribusi sebesar 28.8% terhadap perilaku konsumtif dan sisanya 71.2% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu konsep diri, kepribadian, budaya, dll.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Konformitas, Perilaku Konsumtif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:09
Last Modified: 03 Jan 2022 06:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8185

Actions (login required)

View Item
View Item