HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Dewi, Hetty Primasari (2020) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir
positif dengan prokrastinasi akademik. Subjek penelitian adalah mahasiswa.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan Skala Berpikir Positif dan Skala Prokrqstinasi Akademik. Metode
analisis data dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil
penelitian menunjukkan nilai koefisin korelasi sebesar rxy = -0,297 dengan taraf
signifikansi p = 0,004 (p < 0,01). Sumbangan efektif yang diberikan variabel
berpikir positif terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 8,8%. Hasil
kategorisasi menunjukkan bahwa mayoritas subjek penelitian yaitu sebanyak
83% subjek yang memiliki berpikir positif pada kategori tinggi dan 70,1% subjek
memiliki prokrastinasi akademik pada kategori sedang. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara berpikir
positif dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi berpikir positif maka akan
cenderung semakin rendah prokrastinasi akademik, sebaliknya semakin rendah
berpikir positif maka akan cenderung semakin tinggi prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: berpikir positif, prokrastinasi akademik, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:06
Last Modified: 31 Dec 2021 03:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item
View Item