Anjaryani, Anna Maria (2020) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI PADA LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ASLI PAPUA SMA X MERAUKE. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (90kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (245kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (444kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (94kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (219kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara penyesuaian diri pada lingkungan
sekolah dengan motivasi belajar pada siswa asli Papua di SMA X Merauke; 2) hubungan antara
hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa asli Papua di
SMA X Merauke; 3) hubungan antara hubungan antara penyesuaian diri pada lingkungan
sekolah dan dukungan sosial keluarga secara simultan dengan motivasi belajar pada siswa asli
Papua di SMA X Merauke. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode skala. Analisis data
menggunakan korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan
terdapat hubungan positif dan signifikan antara penyesuaian diri pada lingkungan sekolah
dengan motivasi belajar pada siswa asli Papua dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,268
(p<0,05). Penyesuaian diri pada lingkungan sekolah dalam kategori sedang. Terdapat hubungan
positif antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa asli Papua dengan
nilai koefisien korelasi sebesar 0,363 (p<0,05). Dukungan sosial keluarga dalam kategorisasi
tinggi. Terdapat hubungan antara penyesuaian diri pada lingkungan sekolah dan dukungan sosial
keluarga dengan motivasi belajar pada siswa asli Papua. Nilai r = 0,836 dengan R square (R2)
sebesar 0,149 dan nilai F sebesar 6,641 (p<0,01).
Sumbangan efektif dari penyesuaian diri pada lingkungan sekolah dan dukungan sosial keluarga
untuk memprediksi motivasi belajar siswa adalah sebesar 14,9% sedangkan sisanya 85,1%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini antara lain faktor internal:
Sumbangan efektif dari penyesuaian diri pada lingkungan sekolah dan dukungan sosial keluarga
untuk memprediksi motivasi belajar pada siswa asli Papua adalah sebesar 14,9% sedangkan
sisanya 85,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri Pada Lingkungan Sekolah, Siswa Asli Papua |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Penyesuaian Diri Pada Lingkungan Sekolah, Siswa Asli Papua |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 03:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8651 |