Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan School Well-Being Pada Siswa Smkn 4 Yogyakarta

Cahyani, Fatmanita (2020) Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan School Well-Being Pada Siswa Smkn 4 Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-9.

[thumbnail of Naskah_Publikasi_Fatmanita.docx] Text
Naskah_Publikasi_Fatmanita.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik
dengan school well-being pada siswa SMKN 4 Yogyakarta. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara efikasi diri
akademik dengan school well-being pada siswa SMKN 4 Yogyakarta. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 4 Yogyakarta sebanyak 129 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan skala efikasi diri akademik dan school wellbeing. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi Product
Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien
korelasi sebesar r = 0,314 dan p = 0,001 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri akademik dengan school
well-being pada siswa SMK N 4 Yogyakarta artinya semakin tinggi tingkat efikasi
diri akademik, maka semakin tinggi school well-being dan sebaliknya semakin
rendah tingkat efikasi diri akademik, maka semakin rendah school well-being
yang dimiliki siswa. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan 2 nilai
koefisien determinasi (R ) sebesar 0,098 bahwa efikasi diri akademik
mempengaruhi school well-being sebesar 10,1 dan sisanya 89,9 disebabkan oleh
faktor lainnya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: efikasi diri akademik., school well-being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:21
Last Modified: 21 Jan 2022 01:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item
View Item