Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Fresh Graduate

Pratiwi, Arie Tania (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Fresh Graduate. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada fresh graduate. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang strata-1 maupun diploma (fresh graduate) dengan usia 20-30 tahun dan berencana untuk bekerja setelah lulus dari perguruan tinggi serta belum pernah memiliki pengalaman kerja. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 77 fresh graduate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Kecemasan dan Skala Dukungan Sosial. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,707 dengan p = 0,000 (p <0.050) yang berarti ada hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kecemasan. Nilai koefisien determinasi (R Squared) sebesar (R2) = 0,5 yang berarti sumbangan efektif terhadap dukungan sosial adalah sebesar 50% dengan demikian 50% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu tingkat kepercayaan diri, self efficacy, kontrol diri, regulasi diri, AQ dan konsep diri.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kecemasan, dukungan sosial, dunia kerja, fresh graduate
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 May 2021 03:28
Last Modified: 10 May 2021 03:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9465

Actions (login required)

View Item
View Item