Putri, Twiggi Rozananda (2021) EFEKTIVITAS BRAIN GYM® TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA SISWA/SISWI SEKOLAH DASAR. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Brain Gym® terhadap peningkatan kemampuan menulis pada siswa/i kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas III Sekolah dasar dengan kategori kemampuan menulis sangat kurang dan kurang. Alat ukur yang digunakan untuk melihat skor kemampuan menulis adalah tes prestasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis Mann-Whitney U membuktikan bahwa (p=0,005<0,05), artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis yang signifikan antar kelompok yang diberikan metode Brain Gym®. Selain itu, analisis data menggunakan Uji wilcoxon signed-rank test diketahui bahwa nilai Z = -2,521 (p< 0,05; nilai p= 0,012), artinya ada perbedaan antara tingkat kemampuan menulis pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan intervensi, dengan total sumbangan efektif sebesar 44,65%. Kesimpulannya, ada pengaruh metode Brain Gym® yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa/i sekolah dasar

Dosen Pembimbing: Widiyana, Rahma and Utami, Narastri Insan
Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Brain Gym®, Kemampuan Menulis, Siswa/i kelas III Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:59
Last Modified: 16 Aug 2022 06:40
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10051

Actions (login required)

View Item
View Item