Aditia, Derisma (2021) ADAPTABILITAS KARIER PADA GURU HONORER DI ERA DISRUPSI PENDIDIKAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB LIMA)
BAB V..pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (SKRIPSI FULL TEKS)
17081241_DERISMA ADITIA_Kelas Reguler_Skripsi_.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy

Abstract

Era disrupsi ini, sistem pendidikan menjadi aspek yang terdampak dan mengalami pergeseran dalam elemen-elemen pembelajaran. Era disrupsi pendidikan menyebabkan adanya perubahan di setiap aspek pendidikan, baik sistem, administratif, maupun teknis dalam pembelajaran. Dengan demikian, adaptabilitas karier menjadi elemen yang dibutuhkan individu pada situasi saat ini (Ramdhani & Kiswanto, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi gambaran adaptabilitas karier pada guru honorer di era disrupsi pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana adaptabilitas karier pada guru honorer di era disrupsi pendidikan? Penelitian ini Subjek penelitian ini adalah 100 orang guru honorer dengan kriteria yang telah ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyusun skala adaptabilitas karier yang dikonstruksikan oleh peneliti berdasarkan konsep adaptabilitas karier miliki Savickas dan Porfeli (2011). Metode analisis data yang ditetapkan yaitu uji statistik deskriptif dan kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 82% subjek memiliki adaptabilitas karier tinggi dan 18% subjek memiliki adaptabilitas karier yang sedang. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan adaptabilitas karier berdasarkan usia dan pengalaman mengajar. Guru yang berusia lebih tinggi memiliki tingkat adaptabilitas yang tinggi pula. Guru dengan pengalaman mengajar yang tinggi juga memiliki tingkat adaptabilitas karier yang tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi usia dan pengalaman mengajar berpengaruh pada tingkat adaptabilitas pada guru honorer.

Dosen Pembimbing: Anwar, Anwar
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Adaptabilitas Karier, Guru Honorer, Disrupsi Pendidikan, Karier.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:50
Last Modified: 25 Jan 2022 02:50
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item
View Item