Irmawati, Irmawati (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SENI KARAWITAN JAWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (283kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (542kB) | Preview
![[thumbnail of BAB DUA]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
![[thumbnail of BAB TIGA]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
![[thumbnail of BAB EMPAT]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (193kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (309kB) | Preview
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI -UMI RIANA FITRI_17141012.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis etnomatematika yang berkualitas dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Godean. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) meliputi: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Unsur etnomatematika yang digunakan pada penelitian ini adalah bagian-bagian dari gamelan dengan menggunakan aplikasi utama yaitu Smart App Creator (SAC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis etnomatematika telah memenuhi: (1) Jenis Penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, (2) Aspek kevalidan, (3) Aspek kepraktisan, dan (4) Aspek keefektifan. Sehingga multimedia ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Dosen Pembimbing: | Nuryadi, Nuryadi |
---|---|
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia, Etnomatematika, Gamelan, Pemahaman Matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:06 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:06 |
URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14135 |