Larra, Annisa Rahma (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Text (Full teks)
18081604_Annisa Rahma Larra_Naskah Lengkap Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara self-regulated
learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di masa pandemi
covid-19. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara selfregulated learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di
masa pandemic covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 125 orang yang memiliki
karakteristik sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi tahun 2021/2022 dan
telah menempuh pembelajaran secara online minimal 1 semester. Cara
pengambilan data menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data
penelitian ini menggunakan skala self-regulated learning dan skala penyesuaian
diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product
moment. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,734
dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan
positif antara self-regulated learning dengan penyesuaian diri akademik.
Diterimanya hipotesis menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,538 yang
menunjukkan bahwa variabel self-regulated learning berkontribusi sebesar 53,8%
terhadap variabel penyesuaian diri akademik dan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh
faktor lain yaitu kepribadian, proses belajar, kondisi fisik, lingkungan, serta budaya
dan agama

Dosen Pembimbing: Wulandari, Nanda Yunika
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self-regulated learning, penyesuaian diri akademik, mahasiswa baru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:34
Last Modified: 22 Sep 2022 01:34
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item
View Item