Naedy, Mega Gus (2022) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DI PERGURUAN TINGGI DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy

Abstract

Peralihan dari status siswa menjadi mahasiswa akan dialami setiap individu yang melanjutkan jenjang pendidikan dari sekolah ke perguruan tinggi. Dalam masa peralihan, individu dihadapkan pada lingkungan baru, sehingga resiliensi akademik sangat penting untuk dimiliki mahasiswa selama masa peralihan. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik adalah penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dengan resiliensi akademik pada mahasiswa baru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 130 orang yang memiliki karakteristik mahasiswa baru atau mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi dan merupakan mahasiswa aktif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan Skala Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi dengan Skala Resiliensi Akademik. Teknik asalisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,680 dengan p = 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dengan resiliensi akademik.

Dosen Pembimbing: Widyana, Rahma
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri di perguruan tinggi, resiliensi akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:52
Last Modified: 17 Dec 2024 03:52
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item
View Item