Siahaya, Ruth Amanda (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DARI KELUARGA DENGAN SUBJECTIVE WELL- BEING PADA GURU HONORER DI KOTA SINGKAWANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPASI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
Ruth Amanda Siahaya_17081498_Naskah Pulikasi.docx

Abstract

Subjective well-being bagi guru honorer merupakan peranan penting sebagai
penilaian bagi seseorang yang mengenai hidup mereka. Pengalaman emosi yang
menyenangkan, jarang merasakan keadaan emosi yang negatif, serta memiliki
kepuasan hidup yang tinggi menunjukan bahwa guru honorer cenderung memiliki
Subjective well-being yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara dukungan sosial dengan subjective well-being ypada guru
honorer di Kota Singkawang. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan
positif antara dukungan sosial dengan subjective well-being pada guru honorer.
Subjek dalam penelitian ini berjumlah 71 orang yang memiliki karakteristik usia
20-30 tahun keatas dengan masa kerja minimal 6 bulan. Metode pengumpulan
data menggunakan Skala Subjective Well-Being dan Skala Dukungan Sosial dari
Keluarga. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan korelasi product
moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien
korelasi (r) = 0.342 dan p = 0.004 (p < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa terdapat
hubungan positif signifikan antara dukungan sosial dari keluarga dengan
subjective well-being pada guru honorer sehingga hipotesis dalam penelitian ini
diterima

Dosen Pembimbing: Yuniasanti, Reny
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial dari keluarga, guru honorer, subjective well-being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:37
Last Modified: 18 Dec 2024 06:37
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item
View Item