Savitri, Dian Ayu (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN KECENDERUNGAN DEPRESI PADA MAHASISWA BARU DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB I)
BAB I.pdf

Text (BAB V)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi
dengan kecenderungan depresi pada mahasiswa baru di Yogyakarta. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif antara regulasi
emosi dengan kecenderungan depresi pada mahasiswa baru di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden penelitian
sebanyak 108 mahasiswa baru yang sedang menempuh perkuliahan di Yogyakarta
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi dan skala kecenderungan depresi.
Teknik yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan bantuan
Jamovi for windows 2.3.16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien
korelasi R(rₓᵧ) = -0,623 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan
yang negatif antara regulasi emosi dengan kecenderungan depresi pada mahasiswa
baru di Yogyakarta sehingga dapat dikatakan bahwa variabel regulasi emosi
memiliki kontribusi terhadap kecenderungan depresi sebesar 62.3% sedangkan
37,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain

Dosen Pembimbing: Peristianto, Sheilla Varadhila
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kecenderungan depresi, regulasi emosi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:21
Last Modified: 06 Jan 2025 03:21
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18610

Actions (login required)

View Item
View Item