Purnamasari, Winda (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KONSEP DIRI PADA MAHASISWA YANG TIDAK LULUS SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI (NEGERI). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Winda Purnamasari_18081582.docx
Restricted to Repository staff only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan konsep diri pada mahasiswa yang pernah tidak lulus seleksi perguruan tinggi negeri. Hipotesis yang diajukan uji satu arah yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan konsep diri mahasiswa yang tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Subjek dalam penelitian ini adalah 125 mahasiswa dari semester 1 sampai 4. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial orangtua dan skala konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar (r_xy)= 0,805 dan (p < 0,000). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial orangtua dengan konsep diri sehingga hipotesis diterima. Koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,805 ehingga dapat diartikan bahwa variabel Diketahui bahwa dukungan sosial orangtua memiliki kontribusi sebesar 80,5% terhadap konsep diri dan sebesar 19,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Dosen Pembimbing: Verasari, Metty
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial orangtua, konsep diri, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2025 07:40
Last Modified: 06 Jan 2025 07:40
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item
View Item