MARIMAN, MARIMAN (2013) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KOMPETENSI GURU SEJARAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU SEJARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SMA N 1 GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
01 - SAMPUL.pdf
Restricted to Registered users only
Abstract
Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui hubungan persepsi 
terhadap kompetensi guru dengan  prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa 
Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran  2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon 
Progo; (2) Untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal guru  dengan  
prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun 
Ajaran  2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon Progo; dan (3) Untuk mengetahui 
hubungan persepsi terhadap kompetensi guru dan komunikasi interpersonal guru  
dengan  prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal 
Tahun Ajaran  2011/2012 Di SMA N 1 Galur Kulon Progo.
 Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian kuantitatif. 
Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap kompetensi guru, 
komunikasi interpersonal guru  dan  prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran  2011/2012 Di SMA  
N  1 Galur Kulon Progo yang berjumlah 134 siswa. Sampel yang diambil dalam 
penelitian yakni sebanyak 50% yaitu 67 siswa menggunakan teknik random 
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap 
kompetensi guru, skala persepsi terhadap  komunikasi interpersonal guru serta 
nilai ulangan tengah siswa untuk mengukur prestasi belajar siswa. Analisis data 
yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi 
linear berganda.
 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan 
bahwa: (1) Ada  hubungan positif persepsi terhadap kompetensi guru dengan  
prestasi belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun 
Ajaran  2011/2012 di SMA  N  1 Galur Kulon Progo, (2) Ada hubungan positif 
persepsi terhadap  komunikasi interpersonal guru  dengan  prestasi belajar 
pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran  2011/2012 di 
SMA  N  1 Galur Kulon Progo, (3) Ada hubungan persepsi terhadap kompetensi 
guru dan persepsi terhadap  komunikasi interpersonal guru  dengan  prestasi 
belajar pelajaran Sejarah pada siswa Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran  
2011/2012 di SMA  N  1 Galur Kulon Progo, dan (4) Sumbangan efektif persepsi 
terhadap kompetensi guru dan  komunikasi interpersonal guru secara bersama
sama terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran Sejarah sebesar 28,8%.
| Dosen Pembimbing: | Widyana, Rahma | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: persepsi terhadap kompetensi guru, komunikasi interpersonal guru, prestasi belajar. | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | 
| Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi | 
| Depositing User: | Perpustakaan UMBY | 
| Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:32 | 
| Last Modified: | 05 Nov 2024 02:32 | 
| URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20367 | 
