Permata, Zsa Zsa Yusharyahya (2024) PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI PADA MAHASISWA PERANTAU DI MASA TRANSISI DARI SEKOLAH MENENGAH ATAS KE PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses pembentukan identitas diri pada mahasiswa perantau di Yogyakarta dalam delapan domain: kejuruan, keyakinan agama, ideologi politik, sikap peran gender, hobi/minat, hubungan dengan teman, hubungan romantis, serta prioritas antara keluarga dan karir. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan identitas merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh eksplorasi mendalam, komitmen, dan pertimbangan ulang, yang semuanya dipengaruhi oleh lingkungan sosial, keluarga, media sosial, serta pengalaman masa lalu. Faktor-faktor sosio-kultural memainkan peran penting dalam mempertahankan dan menyesuaikan identitas diri, sementara interaksi sosial yang beragam dan media sosial memperkaya proses eksplorasi identitas. Penelitian ini merekomendasikan dukungan berkelanjutan dari lembaga pendidikan dan keluarga untuk membantu mahasiswa perantau mencapai keseimbangan antara tradisi dan modernitas dalam pembentukan identitas diri yang matang dan kuat.

Dosen Pembimbing: Juwandi, Juwandi
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: identitas diri, mahasiswa perantau, Yogyakarta, eksplorasi, komitmen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2024 06:46
Last Modified: 31 Dec 2024 06:46
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item
View Item