Widiya, Salsabila Putri (2024) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN PENULISAN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kecemesan
penulisan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir. Hipotesis dalam penelitian ini adalah
ada hubungn yang negatif antara efikasi diri dengan kecemasan penulisan skripsi pada
mahasiswa tingkat akhir. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah kecemasan
penulisan skripsi. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi
kecemasan penulisan skripsi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 140 subjek dengan
karakteristik mahasiswa aktif, berusia 21-25 tahun, sedang mengambil mata kuliah
skripsi, dan sudah mengambil skripsi minimal 6 bulan atau satu semester. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini teknik analisis korelasi product moment dari Pearson.
Pada hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,080 dengan nilai
signifikansi p sebesar 0,347 (p > 0,050) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara
efikasi diri dengan kecemasan penulisan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir.
Sehingga hopotesis yang diajukan untuk penelitian ini ditolak. Hal ini menujukkan
bahwa efikasi diri hanya menyumbang sebesar 0,6% dan 99,4% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain.

Dosen Pembimbing: Yuniasanti, Reny
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan penulisan skripsi, Efikasi diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2024 06:18
Last Modified: 31 Dec 2024 06:18
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item
View Item