Khairunnisa, Nova Anery Hasna (2025) HUBUNGAN ANTARA LEARNING ADAPTABILITY DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
190810581-ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
190810581-BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
190810581-BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
190810581-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
190810581-SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
190810581-Naskah Publikasi.pdf

Abstract

Kehidupan individu pada masa perkuliahan akan berbeda saat masih di bangku
sekolah menengah, yang memerlukan mahasiswa untuk lebih mandiri dalam kegiatan
akademik. Mahasiswa baru yang tidak dapat mengendalikan diri dan
menyeimbangkan kebutuhan tugas akademik dan non-akademik akan melakukan
prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
hubungan antara learning adaptability dengan prokrastinasi akademik pada
mahasiswa baru. Hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terdapat hubungan negatif
antara learning adaptability dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa baru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah subjek 105 mahasiswa
baru dari seluruh universitas yang ada di Indonesia. Metode pengumpulan data
menggunakan skala learning adaptability dan skala prokrastinasi akademik. Hasil
analisis product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar (rxy) = -0,759 (p <
0,00) yang artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara learning
adaptability dengan prokrastinasi aademik pada mahasiswa baru. Dalam penelitian
ini diperoleh sumbangan efektif (R2) sebesar 57,6%

Dosen Pembimbing: Afiati, Nikmah Sofia
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning adaptability, mahasiswa baru, prokrastinasi akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 May 2025 08:02
Last Modified: 21 May 2025 08:02
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23413

Actions (login required)

View Item
View Item