Susanti, Nofi Tri and Widyana, Rahma (2022) Similarity Artikel : Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
![[thumbnail of Similarity Artikel]](https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4466-Article Text-15412-1-10-20220601 Nofi _ Rahma 2022.pdf
Download (476kB)
Abstract
Dalam kondisi pandemi dan adanya pembelajaran melalui metode daring, dimana anak lebih banyak
bersama orang tua. Rendahnya minat baca siswa menjadi permasalahan penting yang memerlukan
perhatian khusus dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui
pengaruh konsep diri membaca terhadap minat membaca pada siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh
dukungan social orang tua terhadap minat membaca pada siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh konsep
diri membaca dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa.
Populasi penelitian ini yaitu siswa siswi SD Negeri Di Kecamatan Wonosobo dari kelas 3, 4, 5 dan 6 dengan
tehnik pengambilan sample menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sample sejumlah
113 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
skala likert. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian
menyatakan bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh konsep diri membaca dan dukungan sosial
orang tua sebesar 54,7% sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Article |
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri Membaca, Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Membaca |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:05 |
URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23784 |