Komarudin, Komarudin and Widyana, Rahma (2016) Similarity Artikel : EFEKTIVITAS METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN MEMBACA KELAS III SEKOLAH DASAR. Insight Jurnal Ilmiah Psikologi, vol.18 (no.2). ISSN 1693-2552

381-1119-1-PB Komarudin_RWidyana 2016.pdf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode analisis Glass untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan membaca kelas III
Sekolah Dasar.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Glass efektif
untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan belajar membaca
kelas III Sekolah Dasar.Subjek penelitian adalah 5 orang siswa yang duduk di kelas 3 SD yang
memiliki kemampuan membaca permulaan yang rendah.Teknik pengumpulan data
menggunakanTes Kemampuan Membaca Awal.Analisis data dilakukan dengan menggunakan
metode analisis statistik wilcoxon sign rank test dengan bantuan SPSS release 16.Hasil analisis
data diperoleh probabilitas nilai Z sebesar -2,023 pada taraf signifikansi sebesar 0,043 (p<0,05),
yang artinya ada pengaruh signifikan penggunaan metode Analisis Glass terhadap peningkatan
kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan membaca kelas III SD. Kemampuan
membaca permulaan pada anak berkesulitan membaca kelas III Sekolah Dasar setelah
mendapatkan perlakuan akan meningkat. Hal ini dapat dapat diketahui dari kemampuan membaca
permulaan pada post test lebihbaik dari pada pre test, yaitu dengan rerata peningkatan sebesar
sebesar 12,82kpm.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Article |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:39 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:39 |
URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23941 |