Sa’ti, Yunasti (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text (ABSTRAK)
ABSTRAK B.indo & English.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Full Text Version.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stress akademik dengan
dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di
Yogyakarta. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negative antara
stress akademik dan dukungan sosial teman sebaya. Sampel dalam penelitian ini adalah
149 mahasiwa yang sedang menyusun skripsi. Metode pengambilan data menggunakan
kuesioner dari skala stress akademik dan skala dukungan sosial teman sebaya. Teknik
analisis data menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil pada
penelitian ini menunjukan ada hubungan positif antara stress akademik dengan
dukungan sosial teman sebaya dengan koefisien korelasi sebesar 0,429 dengan nilai
signifikansi p=0,001 . Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini
ditolak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa terdapat korelasi yang positif
antara stress akademik dengan dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa yang
sedang menyusun skripsi.

Dosen Pembimbing: Kuncoro, Wahyu
Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stres akademik, dukungan sosial teman sebaya, mahasiswa akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:04
Last Modified: 19 Nov 2025 04:04
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/24175

Actions (login required)

View Item
View Item