Riyadi, Muhamad (2020) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI SENI DENGAN METODE MENGGAMBAR TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Text
ABSTRAK.pdf

Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy
Text (SKRIPSI LENGKAP)
skripsi full text.pdf
Restricted to Registered users only

Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian terapi seni metode
menggambar untuk penurunan stres akademik mahasiswa. Subjek penelitian ini
adalah mahasiswa yang mengalami stres akademik. Pengumpulan data
menggunakan Skala Stres Akademik. Teknik analisis data yang digunakan yakni
analisis uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis menunjukan nilai Z = -2,023
dengan p=0,043 (p<0,05). Berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan stres
akademik pada mahasiswa sebelum dan setelah mendapatkan terapi seni metode
menggambar. Stres akademik sebelum diberikan perlakuan lebih tinggi
(mean=94,17) daripada stres akademik setelah diberi terapi seni metode
menggambar (mean=73,33). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan
yang signifikan pada tingkat stres akademik subjek sebelum dan setelah terapi seni
metode menggambar diberikan.

Dosen Pembimbing: Budiyani, Kondang
Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Terapi Seni Metode Menggambar, Stres Akademik, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:28
Last Modified: 03 Jan 2022 05:28
URI: https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item
View Item