Far’ah, Eti (2020) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA BILINGUAL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

ABSTRAK.pdf

BAB I.pdf

BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy

BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy

BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy

BAB V.pdf

DAFTAR PUSTAKA.pdf

LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy

SKRIPSI (FULL TEXT).pdf
Restricted to Registered users only
Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Bilingual merupakan kemampuan menggunakan dua bahasa atau lebih. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang bersekolah di SMA dengan dua bahasa pengantar sebanyak 102 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres akademik dan skala berpikir positif. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil koefisien korelasi (rxy) = -0,572 dan p = 0,001 (p ≤ 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif antara berpikir positif dengan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi berpikir positif terhadap stres akademik siswa SMA bilingual memiliki sumbangan efektif sebesar 32,8%.
Dosen Pembimbing: | Kusuma, Indra Ratna |
---|---|
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | berpikir positif, siswa, stres akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 03:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 03:10 |
URI: | https://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9483 |