Pengaruh Jenis Dan Penambahan Sari Daun Kelor (Moringa oleifera) Terhadap Sifat Fisik, Bakteri Asam Laktat, Dan Tingkat Kesukaan Yoghurt

Nurdianingsih, Cicilia (2022) Pengaruh Jenis Dan Penambahan Sari Daun Kelor (Moringa oleifera) Terhadap Sifat Fisik, Bakteri Asam Laktat, Dan Tingkat Kesukaan Yoghurt. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI (1).docx

Download (54kB)

Abstract

Yoghurt merupakan produk olahan susu dari hasil fermentasi bakteri asam laktat (BAL) yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Penambahan sari daun kelor belum diketahui secara akurat di dalam yoghurt, oleh karena itu perlu dicari campuran terbaik untuk meningkatkan kualitas pada yoghurt sari daun kelor. Kekuatan dari pengombinasian antara sari daun kelor dan yoghurt adalah sama-sama mengandung kalsium, protein, serta mineral yang tinggi serta sangat jarang ditemukan olahan susu yang dikombinasikan dengan sayuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan penambahan sari daun kelor (Moringa oleifera) terhadap sifat fisik meliputi viskositas yoghurt, pH yoghurt, bakteri asam laktat yoghurt, tingkat kesukaan yoghurt, dan menentukan perlakuan jenis dan penambahan sari daun kelor yang tepat agar dihasilkan yoghurt dengan penambahan sari daun kelor yang disukai panelis. Teknik pengumpulan data dengan uji kesukaan menggunakan lembar kuesioner oleh panelis agak terlatih berjumlah 25 orang. Percobaan dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 2 faktor yaitu variasi jenis daun pucuk (A1), muda (A2), tua (A3) dan penambahan sari daun kelor yang terdiri dari 4 taraf yaitu 0% (B0), 3% (B12), 5% (B2), dan 7% (B3). Secara umum, hasil penelitian menunjukkan Penambahan sari daun kelor ke dalam yoghurt memiliki pengaruh yang positif. Yoghurt yang ditambahkan sari daun kelor muda dengan penambahan 3% menghasilkan yoghurt dengan pH dan BAL yang memenuhi standar dan meningkatkan kesukaan panelis dari agak suka menjadi suka. Secara khusus, hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis dan penambahan sari daun kelor berpengaruh signifikan terhadap viskositas yoghurt, pH yoghurt, dan tingkat kesukaan yoghurt (p-value <0,05), namun tidak berpengaruh signifikan terhadap bakteri asam laktat yoghurt (p-value <0,05). Perlakuan jenis dan penambahan sari daun kelor berpengaruh terhadap tingkat kesukaan yoghurt pada variasi daun muda dengan penambahan 3% yang menunjukkan nilai kesukaan tertinggi sebesar 6.36 (suka) dengan kriteria pH 4,52, viskositas 319,7 cP, dan kandungan BAL 1,41 x 108.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daun Kelor, Jenis Daun Kelor, Yoghurt, Penambahan Sari Daun Kelor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:32
Last Modified: 01 Jul 2022 03:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item