PENGARUH METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN)

Marhaeni, Nafida Hetty (2017) PENGARUH METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair Share/TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari enam kelas dan berjumlah 192 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purpossive sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C. Dalam penelitian ini, kelas VIII A berjumlah 32 siswa merupakan kelompok eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran TPS dan kelas VIII C berjumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol yang diterapkan metode konvensional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode TPS dan metode konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat metode mana yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa digunakan uji independent-sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa, dan diperoleh bahwa metode TPS lebih berpengaruh daripada metode konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar, dan TPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:13
Last Modified: 30 Aug 2017 07:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item