PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN

Astuti, Niki (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
cover fiks fiks.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran matematika kelas VIII SMP N 1 Pajangan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Model - Eliciting Activities (MEAs) dan menggunak an model konvensional. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest - posttest control group desain . Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel teri kat kemampuan komunikasi matematika dan pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling . Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian in i adalah tes kemampuan komunikasi matematika dan pemahaman konsep siswa.Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan MEAs dan model konvensional digunakan uji manova,dan untuk melihat variable mana yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi mat ematika dan pemahaman konsep siswa menggunakan uji independent - sample t - test .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran matematika kelas VIII SMP N 1 Pajangan yang mengikuti dengan pendekatan Model - Elicting Activitie s (MEAs) dan menggunakan pendekatan konvensional dengan model pembelajaran yang biasa digunakan di SMP N 1 Pajangan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Model - Elicting Activities (MEAs) lebih berpengaruh dibandingkan dari model konvens inal yang biasa digunakan di SMP N 1 Pajangan. Kata kunci: komunikasi matematika, pemahaman konsep dan Model - Eleciting Activities (MEAs)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:48
Last Modified: 11 Sep 2017 10:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item