PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

Apriliana, Siska Dewi (2017) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
COVER LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Model Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam p e nelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest - posttest control group design . Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu Pendekatan Open ended dan Model bermain peran. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelasVIII SMPN 1 Seyegan yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara acak sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIE dan VIIIF.Pembelajaran matematika pada kelas VIIIE Menggunakan Pendekatan Open Ended dan pembelajaran pada kelas VIIIF menggunkan Model Bermain Peran. Instrumen penelitian adalah kemampuan berfikir kreatif siswa. Untuk mengetahui perb edaan pengaruh antara kelompok P endekatan Open ended dan Model ber main peran digunakan uji F dan untuk uji lanjut digunakan uji Independent - Sampel T - T est untuk melihat variabel mana yang memberikan pengaruh terhadap perbedaan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bah wa terdapat pengaruh perbedaan P endekatan Open E nded dan model bermain peran pada kemampuan b erfikir kreatif siswa SMPN 1 Seyegan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan Open Ended lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Kata Kunci : B erfikir kreatif, Open ended dan bermain peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:59
Last Modified: 13 Sep 2017 07:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item