PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

Apriliana, Siska Dewi (2017) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of COVER LAMPIRAN.pdf] Text
COVER LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pendekatan
Open
Ended
dan Model Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa
Kelas VIII SMPN 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan dalam p
e
nelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan
pretest
-
posttest
control group design
. Penelitian ini
menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu Pendekatan
Open ended
dan
Model bermain peran. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelasVIII
SMPN 1
Seyegan yang terdiri dari enam
kelas. Sampel diambil secara
acak
sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIE dan VIIIF.Pembelajaran matematika pada
kelas VIIIE Menggunakan Pendekatan
Open Ended
dan pembelajaran pada kelas
VIIIF menggunkan Model Bermain Peran. Instrumen penelitian adalah
kemampuan berfikir kreatif siswa. Untuk mengetahui perb
edaan pengaruh antara
kelompok P
endekatan
Open ended
dan Model ber
main peran digunakan uji F
dan
untuk uji
lanjut digunakan uji
Independent
-
Sampel T
-
T
est
untuk melihat variabel
mana
yang memberikan pengaruh terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bah
wa terdapat pengaruh perbedaan
P
endekatan
Open E
nded
dan model bermain peran pada kemampuan b
erfikir
kreatif siswa SMPN 1 Seyegan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan
Open Ended
lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.
Kata Kunci
:
B
erfikir kreatif,
Open ended
dan bermain peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:59
Last Modified: 19 Aug 2022 01:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item
View Item