CLICKBAIT JOURNALISM DAN PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK (Studi Kasus Pelanggaran Etika Jurnalistik Dalam Praktik Clickbait Pada Media Online Jogja.tribunnews.com Periode 1 Maret 2019 - 30 April 2019)

Yoseva Yamlean, 150710149 (2019) CLICKBAIT JOURNALISM DAN PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK (Studi Kasus Pelanggaran Etika Jurnalistik Dalam Praktik Clickbait Pada Media Online Jogja.tribunnews.com Periode 1 Maret 2019 - 30 April 2019). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya penggunaan internet erat kaitannya dengan perkembangan digital yang terus-menerus. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi berbasis internet yaitu media online. Media tidak hanya dapat dinikmati secara konvensional namun dapat berupa online. Hal ini akhirnya membentuk budaya baru yang berbeda dengan media konvensional yaitu cara penyajian informasi yang sesuai dengan segmentasi pembacanya. Salah satu produk media online adalah berita. Berita memilki karakteristik yang berbeda dengan informasi, berita itu memuat teknik-teknik penulisan dan etika jurnalistik. Namun, dengan karakteristik media online, juga perkembangan teknologi nampaknya membentuk budaya atau fenomena baru, salah satunya praktik clickbait. Dimana praktik ini dilakukan oleh perusahaan media dan penggunaan praktik ini diindikasi melanggar etika jurnalistik. Dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana praktik clickbait di media online dilakukan dan bagaimana pelanggaran etika jurnalistik dari praktik clickbait ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi kasus sebagai strategi dalam menjelaskan fenomena. Hasil dari penelitian ini ada 7 praktik clickbait yang diterapkan pada jogja.tribunnews.com dan 4 poin dalam kode etik jurnalistik yang dilanggar. Kata kunci : media online, berita, clickbait, etika jurnalistik, jurnalism

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media online, berita, clickbait, etika jurnalistik, jurnalism
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:56
Last Modified: 06 Aug 2019 04:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item