Keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Siswa.

Daniarto, Marlin (2020) Keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Siswa. Naskah Publikasi Program Studi Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika ditinjau dari kompetensi guru dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa kelas X MAN I Sleman. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian kompetensi guru dan respons siswa, lembar kuesioner penilaian kompetensi guru dan respons siswa, serta lembar wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 terlaksana dengan baik ditinjau dari kompetensi guru matematika kelas X MAN I Sleman, dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan kompetensi guru matematika berdasarkan Kurikulum 2013 sebesar 79,21. Namun, Kurikulum 2013 terlaksana dengan kurang baik bila ditinjau dari hasil belajar siswa kelas X MAN I Sleman, dengan perolehan nilai hasil belajar matematika siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 39,25 % dari jumlah siswa.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; kompetensi guru; hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:59
Last Modified: 26 Apr 2021 02:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item
View Item