EFEKTIVITAS BRAIN GYM® TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA SISWA/SISWI SEKOLAH DASAR

Putri, Twiggi Rozananda (2021) EFEKTIVITAS BRAIN GYM® TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PADA SISWA/SISWI SEKOLAH DASAR. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Bab Satu]
Preview
Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of Bab Dua] Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Tiga] Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Empat] Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Lima]
Preview
Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Gambar] Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Lampiran] Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Brain Gym® terhadap peningkatan kemampuan menulis pada siswa/i kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas III Sekolah dasar dengan kategori kemampuan menulis sangat kurang dan kurang. Alat ukur yang digunakan untuk melihat skor kemampuan menulis adalah tes prestasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis Mann-Whitney U membuktikan bahwa (p=0,005<0,05), artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis yang signifikan antar kelompok yang diberikan metode Brain Gym®. Selain itu, analisis data menggunakan Uji wilcoxon signed-rank test diketahui bahwa nilai Z = -2,521 (p< 0,05; nilai p= 0,012), artinya ada perbedaan antara tingkat kemampuan menulis pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan intervensi, dengan total sumbangan efektif sebesar 44,65%. Kesimpulannya, ada pengaruh metode Brain Gym® yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa/i sekolah dasar

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Brain Gym®, Kemampuan Menulis, Siswa/i kelas III Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:59
Last Modified: 16 Aug 2022 06:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10051

Actions (login required)

View Item
View Item