Pengaruh Jenis Jeruk, Kombinasi Kurma Dan Lama Perendaman Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Infused Water

Ma’rifah, Aenun (2021) Pengaruh Jenis Jeruk, Kombinasi Kurma Dan Lama Perendaman Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Infused Water. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.mht

Download (382kB)

Abstract

Buah jeruk banyak mengandung vitamin C. Infused water merupakan salah satu dari pengolahan buah jeruk. Pengolahan buah jeruk menjadi infused water dilakukan dengan penambahan kurma dan perendaman di dalam air putih. Penambahan kurma dan perendaman diduga berpengaruh terhadap sifat fisik, kimia dan tingkat kesukaan infused water.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar vitamin C, kadar antioksidan, pH, tingkat kekeruhan dan tingkat kesukaan infused water. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor yang pertama yaitu formulasi infused water jeruk (lemon, nipis dan limau) dengan tambahan kurma dan tanpa tambahan kurma, faktor yang kedua yaitu lama perendaman (2 jam, 4 jam dan 6 jam).
Hasil penelitian menunjukan minuman infused water perlakuan formulasi jeruk lemon dengan tambahan kurma dengan lama perendaman 6 jam merupakan minuman infused water yang disukai. Karakteristik dari infused water ini yaitu; kadar vitamin C 22, 88 mg /100 g, kadar antioksidan 20,39 % RSA, pH 4,73, kekeruhan 86,50 FTU, hedonik warna 5,00, rasa 5,15, aroma 5,20 dan keseluruhan 4, 95. Formulasi variasi jeruk dengan kurma dan tanpa kurma serta lama perendaman berpengaruh terhadap kadar vitamin C, kadar antioksidan, nilai pH, tingkat kekeruhan dan tingkat kesukaan warna, rasa, aroma dan keseluruhan infused water.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: infused water, lemon, nipis, limau, kurma.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:41
Last Modified: 07 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item
View Item