Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Es Krim Dengan Penambahan Pasta Uwi Ungu (Dioscorea Alata L.)

Anzori, Qusni Bakin (2021) Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Es Krim Dengan Penambahan Pasta Uwi Ungu (Dioscorea Alata L.). Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (49kB)

Abstract

Uwi ungu (Dioscorea alata L.) dapat digunakan sebagai pangan fungsional, karena banyak mengandung sumber antioksidan alami. Oleh karena digunakan sebagai bahan alternatif sebagai bahan pembuatan es krim. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan es krim yang disubtitusi dengan pasta uwi ungu yang paling disukai panelis.
Penelitian dilakukan dengan membuat es krim dengan penambahan pasta uwi ungu 20%, 30% dan karagenan : pati sagu 0,0:0,5%, 0,5:0,0%, 0,1:0,5% dan 0,5:0,1% (bb). Data yang diperoleh dilakukan uji statistik dengan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktorial. Analisis yang diuji yaitu tingkat kesukaan, uji fisik (daya leleh dan overrun) dan analisa kimia (aktivitas antioksidan, kadar protein, kadar lemak dan gula total). Data dianalisis secara statistik menggunakan Univariate Analysis of Variance dan Anova, jika ada beda nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test).
Hasil penelitian es krim yang paling disukai adalah es krim penambahan pasta uwi ungu 30% dan karagenan : pati sagu 0,5%:0,1% dengan daya leleh 15,23 menit/g, overrun 9,71%, aktivitas antioksidan 51,65% RSA, kadar protein 5,9% (bb), kadar lemak 0,31% (bb) dan gula total 1,9% (bb).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Es krim. pasta uwi ungu, karagenan, aktivitas antioksidan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:00
Last Modified: 07 Oct 2021 03:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12925

Actions (login required)

View Item
View Item