DINAMIKA KEBAHAGIAAN PADA RELAWAN PENGAJAR DI VOLUNTEERISM TEACHING INDONESIAN CHILDREN FOUNDATION (YAYASAN BIDANG PENDIDIKAN ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SARAWAK, MALAYSIA)

Husnatunnisa, Kurnia (2021) DINAMIKA KEBAHAGIAAN PADA RELAWAN PENGAJAR DI VOLUNTEERISM TEACHING INDONESIAN CHILDREN FOUNDATION (YAYASAN BIDANG PENDIDIKAN ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SARAWAK, MALAYSIA). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manusia cenderung terlibat aktif dalam suatu kegiatan menarik yang membuat dirinya mencapai kebahagiaan. Kegiatan kerelawanan bisa menjadi salah satu kegiatan yang menghantarkan kebahagiaan bagi sebagian orang. Hal tersebutlah yang kemudian mendasari penulis untuk melakukan penelitian tentang dinamika kebahagiaan pada relawan pengajar di VTIC Foundation (Yayasan bidang pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia di Sarawak, Malaysia). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dinamika kebahagiaan pada relawan pengajar di VTIC Foundation (Yayasan bidang pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia di Sarawak, Malaysia). Partisipan penelitian ini adalah relawan pengajar di VTIC Foundation yang berjumlah 3 orang dengan dilibatkan informan yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, ketiga partisipan merasa bahagia menjadi relawan. Masing-masing partisipan memiliki dinamika kebahagiaan yang berbeda-beda. Dinamika kebahagiaan relawan pengajar di VTIC Foundation diungkap dari adanya motif kerelawanan, optimisme, mendefinisikan kebahagiaan masing-masing, adanya faktor religiusitas, memiliki bentuk kebahagiaan tersendiri, mengalami proses kebahagiaan, dan mendapatkan manfaat yang positif dari kegiatan kerelawanan sehingga merasakan kebahagiaan. Dinamika kebahagiaan ketiga partisipan diawali dengan merasakan panggilan jiwa untuk mengabdi dan keinginan kuat untuk berbagi manfaat kepada orang lain. Memiliki ambisi atas pencapaian diri sebagai pemenuhan kebutuhan diri, merasakan optimisme, perasaan bersyukur dan ikhlas atas ridho yang diberikan Tuhan. Mendapatkan respon positif dan penghargaan dari warga Sarawak membuat ketiga partisipan merasakan kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Dinamika, kebahagiaan, relawan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:41
Last Modified: 21 Feb 2022 03:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14738

Actions (login required)

View Item
View Item