Pertumbuhan Melati Asal Setek Berbagai Ukuran Dam Lama Perendaman Dalam Iaa

Muslimah, Siti (2022) Pertumbuhan Melati Asal Setek Berbagai Ukuran Dam Lama Perendaman Dalam Iaa. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI.docx

Download (69kB)

Abstract

Permintaan bunga melati di Indonesia diproyeksi selalu meningkat setiap tahun, namun peningkatan produksi bunga melati belum dapat mengimbangi permintaan pasar sehingga perlu diupayakan peningkatannya. Peningkatan produksi tersebut dapat dilakukan dengan cara perbanyakan tanaman secara vegetatif melalui stek. Salah satu kendala yang dapat menyebabkan kegagalan dalam stek adalah rendahnya kemampuan setek untuk berakar, sehingga diperlukan perlakuan khusus yaitu dengan pemberian zat pengatur tumbuh golongan auksin dan penggunaan sumber bahan setek.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui lama perendaman setek dalam IAA yang paling tepat unntuk meningkatkan pertumbuhan akar melati, (2) Mengetahui panjang bahan setek yang paling tepat untuk memacu pertumbuhan melati, (3) Mengetahui ada tidaknya interaksi pengaruh antara panjang bahan setek dengan lama perendaman setek dalam IAA pada pertumbuhan melati.
Penelitian ini merupakan percobaan pot faktorial 3 x 4 yang disusun dalam rancangan acak lengkap dengan 3 ulangan . Faktor pertama adalah ukuran panjang bahan setek (F) yang terdiri dari 3 perlakuan yaitu 15cm, 25cm, 35 cm. Faktor kedua adalah lama perendaman setek dalam IAA konsentrasi 100ppm (A) yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu 0 jam, 1 jam, 2 jam, 3 jam
Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan melati dari bahan setek dengan panjang 15, 25 dan 35 cm menunjukan pertumbuhan yang sama saja. Demikian pula pada perlakuan bahan setek yang direndam IAA 1, 2 dan 3 jam menunjukan hasil yang sama dengan perlakuan tanpa perendaman IAA. Artinya untuk mempercepat produksi melati dapat dilakukan perendaman dalam IAA maupun tidak dan sebaiknya penggunaan bahan

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Melati, Perendaman, Auskin IAA, Setek
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:44
Last Modified: 16 Jun 2022 04:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item
View Item