Larra, Annisa Rahma (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (34kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (173kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 2]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
![[thumbnail of Bab 3]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (138kB)
![[thumbnail of Bab 4]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
BAB V.pdf
Download (34kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (180kB) | Preview
![[thumbnail of Lampiran]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of Full teks]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18081604_Annisa Rahma Larra_Naskah Lengkap Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara self-regulated
learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di masa pandemi
covid-19. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara selfregulated learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di
masa pandemic covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 125 orang yang memiliki
karakteristik sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi tahun 2021/2022 dan
telah menempuh pembelajaran secara online minimal 1 semester. Cara
pengambilan data menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data
penelitian ini menggunakan skala self-regulated learning dan skala penyesuaian
diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product
moment. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,734
dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan
positif antara self-regulated learning dengan penyesuaian diri akademik.
Diterimanya hipotesis menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,538 yang
menunjukkan bahwa variabel self-regulated learning berkontribusi sebesar 53,8%
terhadap variabel penyesuaian diri akademik dan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh
faktor lain yaitu kepribadian, proses belajar, kondisi fisik, lingkungan, serta budaya
dan agama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Self-regulated learning, penyesuaian diri akademik, mahasiswa baru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 01:34 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 01:34 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16483 |