Wibowo, Tri Wijayanti (2022) ANALISIS PENDAPATAN BUDIDAYA DAN PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (19kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
![[thumbnail of Full Text]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI (TRI WIJAYANTI WIBOWO - 200220057).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi Tri Wijayanti Wibowo.docx
Download (55kB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pendapatan usaha peternak sapi potong
dan tata niaga yang efisien di Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang. Penelitian
dilaksanakan dari Februari - Maret 2022. Materi yaitu peternak sapi potong, pernah
menjual ternak 2 tahun dan memiliki ternak minimal 1 UT. Pengambilan sampel
dengan random sampling dan mengumpulkan data melalui wawancara. Responden
sebanyak 100 peternak dari 9 Desa. Variabel meliputi identitas, biaya produksi,
penerimaan, pendapatan, saluran pemasaran. Analisis data yaitu analisis
pendapatan, BEP, R/C, margin, biaya dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian
menunjukan umur peternak saluran pemasaran I rata-rata 49 tahun dan saluran
pemasaran II 52 tahun, pendidikan saluran pemasaran I mayoritas SD 55,68% dan
saluran pemasaran II mayoritas SD 58,33%, pekerjaan mayoritas petani, rata-rata
ternak saluran pemasaran I 2,75 UT dan saluran pemasaran II 2,23 UT, lama
beternak rata-rata saluran pemasaran I yaitu 11 tahun dan saluran pemasaran II yaitu
13 tahun, tujuan beternak sebagai sampingan, saluran pemasaran I tanpa melalui
perantara dan saluran pemasaran II melalui perantara, margin saluran pemasaran I
Rp.0 dan saluran pemasaran II Rp.808.056, biaya pemasaran saluran pemasaran I
Rp. 0 dan saluran pemasaran II Rp.450.000, efisiensi pemasaran saluran pemasaran
I yaitu 0 dan saluran pemasaran II 2,35. Pendapatan saluran pemasaran I
Rp.18.368.183 dan saluran pemasaran II Rp.26.932.500. BEP saluran pemasaran I
yaitu BEP (Rp) Rp. 22.102.567, BEP (UT) 1,22 dan saluran pemasaran II BEP (Rp)
Rp.23.745.760, BEP (UT) 1,24. R/C saluran pemasaran I yaitu 1,23 dan saluran
pemasaran II 1,24. Disimpulkan saluran pemasaran I paling efisien di Kecamatan
Bancak dan layak untuk dijalankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Kecamatan Bancak, Pendapatan, Peternak, Saluran Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan |
Depositing User: | Peternakan UMBY |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:34 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:34 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17407 |