ANALISIS SALURAN DAN BIAYA PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN BOYOLALI

Prasetyo, Yudi Nur (2023) ANALISIS SALURAN DAN BIAYA PEMASARAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi-yudi nur prasetyo-190210096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Publikasi-Yudi Nur Prasetyo-190210096.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya
pemasaran, margin, keuntungan pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran dan
farmer’s share ternak sapi potong di pasar hewan Boyolali. Penelitian ini dilakukan
dengan metode survey dan pengamatan secara langsung di lapangan dengan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara menggunakan kuesioner. Penelitian ini
dilakukan pada tanggal 21 Januari 2023 sampai 26 Februari 2023 dengan jumlah
responden 45 orang. Variabel yang diukur meliputi Analisis saluran pemasaran,
perhitungan biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, efisiensi
pemasaran dan Farmer’s share. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Terdapat
3 saluran pemasaran ternak sapi potong yaitu saluran pemasaran I ( Peternak
Produsen – Peternak Konsumen), saluran pemasaran II ( Peternak Produsen –
Blantik – Peternak Konsumen), dan saluran pemasaran III ( Peternak Produsen –
Blantik – Pedagang Besar – Jagal). Biaya pemasaran ternak sapi potong pada
saluran I sebesar Rp. 150.333, saluran pemasaran II sebesar Rp. 200.800, dan
saluran pemasaran III sebesar Rp. 219.000. Rata-rata margin pemasaran saluran I
sebesar Rp. 0, saluran pemasaran II sebesar Rp. 1.140.000 dan saluran pemasaran
III sebesar Rp. 1.762.500. Hasil perhitungan dari 3 saluran pemasaran masingmasing memiliki keuntungan yaitu saluran I sebesar Rp. 20.535.857, saluran II
sebesar Rp. 939.800, dan saluran III sebesar Rp. 1.407.500. Nilai efisiensi saluran
pemasaran I sebesar 0,72%, saluran pemasaran II sebesar 0,99%, dan saluran
pemasaran III sebesar 1,39%. Nilai Farmer’s Share saluran pemasaran I sebesar
100%, saluran pemasaran II sebesar 94%, dan saluran pemasaran III sebesar 93%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa saluran yang paling efisien adalah
saluran I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Saluran Pemasaran, Biaya Pemasaran, Margin Pemasaran, Sapi Potong, Pasar Hewan Boyolali.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:58
Last Modified: 24 Dec 2024 01:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17462

Actions (login required)

View Item
View Item