TINGKAT KEBAHAGIAAN SISWA SMP YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKART KELAS IX) SAAT PANDEMI COVID-19

Kusuma, Avianditya Dwi Chandra (2022) TINGKAT KEBAHAGIAAN SISWA SMP YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKART KELAS IX) SAAT PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
18081646_Avianditya Dwi Chandra Kusuma_Kelas Karyawan_Naskah Publikasi.doc

Download (365kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak serius pada pendidikan. Pemerintah Indonesia menerapkan pembelajaran baru secara daring di rumah. Belajar secara daring di rumah, membuat siswa mengalami stres, timbul rasa kesepian dan bosan, hingga kehilangan fokus dalam belajar. Kejadian tersebut membuat para siswa merasakan tidak bahagia dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebahagiaan pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran daring. Subjek penelitian siswa SMP Muhammdiyah 2 Yogyakarta dengan jumlah 120 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala Tingkat Kebahagiaan Belajar yang disusun berdasarkan aspek kebahagiaan menurut Seligman, yaitu (1) emosi positif; (2) keterlibatan; (3) hubungan yang positif; (4) memaknai hidup; dan (5) prestasi. Nilai koefisien reliabilitas instrumen menggunakan pendekatan Alpha Chronbach (α) sebesar 0,947. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian, siswa kelas IX SMP Muhammadiya 2 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran daring saat pandemi COVID-19, dominan berada pada kategorisasi sedang dengan presentase 48,33%, dan dan diikuti kategorisasi tinggi dengan presentase 42,50%. kebahagiaan menurut jenis kelamin secara keseluruhan adanya tingkat kebahagiaan yang berbeda antara perempuan dan laki-laki dengan mayoritas tingkat permpuan lebih tinggi. Kemudian kebahagiaan berdasarkan usia, usia 14 tahun yang mayoritas mendominasi dengan tingkat kebahagaiaan tinggi, namun jika dilihat pada usia remaja awal tersebut tidak terdapat perbedaan dalam tingkat kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Kebahagiaan, Siswa, Daring, Pandemi Covid-19.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:42
Last Modified: 17 Dec 2024 07:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17642

Actions (login required)

View Item
View Item