Nafia, Mukhamad Ilman (2022) ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM LAMBE TURAH OFFICIAL PERIODE 2022 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Media Sosial Instagram @lambeturah_official melalui Pendekatan Etika Komunikasi). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.
Abstrak.pdf
Download (36kB)
BAB I.pdf
Download (287kB)
BAB V.pdf
Download (35kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (168kB)
Skripsi Penuh.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only
Download (42kB)
Abstract
Perkembangan teknologi pada era modern saat ini menimbulkan beberapa kemajuan teknologi baru seperti halnya internet yang menjadi kebutuhan pokok manusia pada saat ini. Seperti penggunaan media sosial yang dianggap menjadi hak wajib pada setiap individu. Seperti penggunaan media sosial Instagram yang kian marak digunakan pada saat ini. Ada 82.320.000 pengguna Instagram di Indonesia pada Januari 2021, yang menyumbang 29,9% dari seluruh populasinya. Akan tetapi penggunaan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi juga harus memperhatikan unsur etika agar tidak terjadi kerugian bagi pihak-pihak tertentu dan berujung pada tindakan hukum pelanggaran di internet yang dikenal dengan istilah Netiquette. Namun sayang, jejaring internet yang tanpa batasan, didukung dengan berbagai macam kebebasan, seperti freedom of Speech atau freedom of opinion, disalah artikan dengan tercerminya perilaku netizen ynag buruk dalam berkomentar dan berinteraksi. Etika hadir sebagai teori yang membatasi, kebebasan berbicara bukanlah suatu kebebasan yang mutlak, namun tetap berpegang teguh kepada etika Komunikasi.
Subjek penelitian ini adalah netizen yang berkomentar di postingan instagram akun @lambeturah_official periode 2022. Media sosial instagram. Dalam pengumpulan data secara online, peneliti menggunakan beberapa informan dimana informan tersebutlah yang memegang atau mengetahui sepenuhnya mengenai akun instagram tersebut. Proses pengumpulan data sendiri terdapat beberapa tenik yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini dibagi menjadi beberapa indicator sesuai dengan indikator penelitian yang terdapat pada kerangka konsep yaitu komentar netizen pada unggahan yang terdapat pada akun @lambeturah_official.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Etika Komunikasi, Netizen |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 06:05 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 06:05 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17880 |