Alfons, Haselia Victoria Erika (2023) HUBUNGAN KONSEP DIRI AKADEMIK DENGAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (397kB)
BAB I.pdf
Download (206kB)
BAB V.pdf
Download (178kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (417kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (26kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri akademik dengan
burnout akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara konsep diri
akademik dengan burnout akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah 120
mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan skala School Burnout Inventory dan skala Academic
Self-Concept Scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product
moment. Berdasarkan hasil analisi data yang diperoleh menunjukkan nilai koefisien
korelasi (rxy) = – 0,583 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat
hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan burnout
akademik. Koefisien determinasi (R2) = 0,340 sehingga dapat dikatakan bahwa
variabel konsep diri akademik menunjukkan kontribusi 34% terhadap burnout
akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | burnout akademik, konsep diri akademik, mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/18278 |