ANALISIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PARIWISATANGAWI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI KABUPATEN NGAWI

Putri, Salsabila Amany (2023) ANALISIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PARIWISATANGAWI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI - SALSABILA AMANY PUTRI - 210720098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
SALSABILA AMANY PUTRI - NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Kabupaten Ngawi merupakan wilayah yang memiliki 31 jenis tempat wisata, namun sebagai wilayah yang menjadi jalur utama lintas provinsi antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, terhitung sejak periode 2019 – 2021 jumlah pengunjung tempat wisata di Kabupaten Ngawi menunjukkan jumlah yang fluktuatif dan masih banyak tempat wisata yang sepi peminat. Melihat hal tersebut, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi mengembangkan instagram @pariwisatangawi untuk lebih memperkenalkan pariwisata Ngawi. Penelitian ini digunakan untuk melihat dengan metode EPIC model apakah penggunaan media sosial instagram tersebut efektif dan apakah terpaan konten media yang ada di instagram mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan di Kabupaten Ngawi melalui uji regresi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah penggunaan media sosial instagram @pariwisatangawi dinilai sangat efektif dengan nilai EPIC rate 3,33 untuk menarik minat berkunjung wisatawan meskipun penggunaannya harus lebih dimaksimalkan lagi khususnya pada aspek kognisi khalayak. Uji regresi non linier dengan menggunakan model logarithmic, quadaratic, cubic, exponential menunjukkan bahwa media sosial instagram memiliki pengaruh sebesar 68,3% terhadap minat berkunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Media Sosial, Instagram @pariwisatangawi, EPIC Model, Minat Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 21 Dec 2024 08:19
Last Modified: 21 Dec 2024 08:19
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item
View Item