ANALISIS RESEPSI AUDIEN TERHADAP KONTEN STORYTELLING NADHIFA ALLYA TSANA PADA PODCAST RINTIK SEDU DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Fathurahman, Feri Patria (2024) ANALISIS RESEPSI AUDIEN TERHADAP KONTEN STORYTELLING NADHIFA ALLYA TSANA PADA PODCAST RINTIK SEDU DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang cukup banyak penggunanya. Kehadiran Instagram membuat munculnya fenomena baru. Selebgram atau selebriti Instagram merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nadhifa Allya Tsana (Rintik Sedu) dikenal sebagai seorang penulis dan storyteller yang telah memiliki beberapa karya, mulai dari buku hingga podcast. Terdapat salah satu karyanya yang sudah diangkat menjadi film. Tulisan-tulisan yang di posting oleh Tsana di Instagram mendapat banyak respon positif dari pengikutnya, dikarenakan tulisan-tulisan yang Tsana buat relate dengan kehidupan para pengikutnya. Penelitian ini bertujuan mengkaji resepsi audien terhadap konten storytelling akun Instagram @rintiksedu. Pendekatan kualitatif dengan analisis resepsi digunakan untuk memahami cara audien memaknai pesan dalam konten storytelling tersebut. Sedangkan metode analisis resepsi dipilih untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi keputusan audien aktif memilah media yang dikonsumsinya. Dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan adanya perbedaan penerimaan informan serta makna yang mereka ambil dalam pemahaman mereka terhadap konten storytelling Rintik Sedu. Terdapat 2 informan yang bisa dikategorikan pada posisi dominant hegemonic yaitu mengakui, menunjukkan antusiasme dan ketertarikan mendalam pada konten storytelling khas Rintik Sedu. 2 informan masuk ke dalam kategori negotiated reading yaitu di mana mereka secara umum menerima pesan namun juga menolak atau memiliki pandangan sendiri pada aspek tertentu seperti pilihan musik dan ekspresi. Serta 1 informan yang lainnya menempati kategori oppositional reading, yang mengkritik dan menolak konten karena dianggap memojokkan satu pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: audien, Instagram, storytelling, decoding, Rintik Sedu.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:57
Last Modified: 07 Jan 2025 04:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item
View Item