PRAKTIK CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIKA KOTA BIMA DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI DI INSTAGRAM @DISKOMINFOTIKKOTABIMA

Fahdiyatun, Haftitah (2024) PRAKTIK CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIKA KOTA BIMA DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI DI INSTAGRAM @DISKOMINFOTIKKOTABIMA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Haftitah Fahdiyatun_190710289.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pada era saat ini, penggunaan media online sangat dibutuhkan bagi setaip instansi/perusahaan dalam melakukan aktivitasnya. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Bima merupakan instansi yang bergerak pada bidang komunikasi dan informasi yang memiliki tugas dalam menyebarkan berita atau informasi dari pemerintah ke masyarakat. Cyber Public Relations yang diterapkan dengan menggunakan sarana media elektronik internet untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Cyber Public Relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Bima dalam penyampaian informasi di media sosial Diskominfotik. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Bima sudah menerapkan Cyber Public Relations dalam memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat dengan menggunakan instagram dengan berbagai konten berupa kata-kata, media visual, audio, dan audio visual. Selain itu, dengan menerapkan Cyber Public Relations oleh diskominfotik dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi kegiatan pemerintah Kota Bima dengan menerapkan Search Engine Optimation (SEO) dan juga menggunakan hyperlink yang saling berintegrasi pada semua website maupun media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations, Media Sosial Instagram, Diskominfotik Kota Bima
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 07:25
Last Modified: 07 Jan 2025 07:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19412

Actions (login required)

View Item
View Item