A, Taufik (2023) ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KAMPANYE PRABOWO SUBIANTO MENJELANG PILPRES 2024 PADA SALURAN 8 GARUDA TV PERIODE JULI – SEPTEMBER 2022. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak (indonesia & inggris) Skripsi - Taufik A (18071058.pdf
Download (82kB)
BAB I .pdf
Download (265kB)
BAB V.pdf
Download (101kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (157kB)
Skripsi Full Text + Book Mark- Taufik A (18071058).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI - Skripsi Taufik A (18071058) - ANALISIS WA.doc
Restricted to Repository staff only
Download (32kB) | Request a copy
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan media massa pada saat ini semakin menunjukkan perubahan yang sangat jelas. Hampir di seluruh aspek dikehidupan manusia mampu di pengaruhi oleh media massa. Setiap pagi manusia sudah di sajikan dengan informasi yang tersebar di seluruh media massa baik itu cetak, elektronik, maupun media online, dengan media massa masyarakat dapat mengetahui informasi di seluruh dunia yang berada di luar lingkungannya. Garuda TV merupakan media massa yang menyajikan informasi dan pemberitaan dalam bentuk siaran televisi. Prabowo Subianto merupakan pemilik dari Garuda TV, dalam pemberitaannya Garuda TV memiliki Program Saluran 8 yaitu program pemberitaan yang memberikan informasi seputar nasional. Di dalam Saluran 8 Garuda TV ini juga memberitakan kampanye Prabowo Subianto menjelang Pilpres 2024. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana wacana dalam pemberitaan kampanye Prabowo Subianto menjelang pilpres 2024 periode Juli – September 2022.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis wacana Teun A. Van Dijk. Analisis wacana Teun A. Van Dijk merupakan proses dari penguraian teks di dalam sosial untuk dikaji oleh seseorang atau kelompok dominan yang memiliki kecenderungan tujuan untuk memperoleh apa yang di inginkan sehingga terdapat konteks yang harus di sadari akan adanya kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Garuda TV merupakan media yang terlihat cenderung melakukan propaganda dalam memberitakan Prabowo Subianto, dimana Garuda TV selalu menampilkan hal positif dan citra baik Prabowo Subianto. Hal ini di pengaruhi oleh Prabowo Subianto sebagai pemilik media Garuda TV.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Massa, Televisi, Berita. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 07:30 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 07:30 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19433 |