PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADIO MNC TRIJAYA YOGYAKARTA SEBAGAI ALTERNATIF NEW MEDIA PENYAMPAIAN PESAN KEPADA PENDENGAR

Ramadhan, Gilang (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM RADIO MNC TRIJAYA YOGYAKARTA SEBAGAI ALTERNATIF NEW MEDIA PENYAMPAIAN PESAN KEPADA PENDENGAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
Skripsi Gilang-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi gilang.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat diiringi dengan kreatif dan inovatif di era global telah memberikan dampak langsung kepada industri radio. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram radio MNC Trijaya Yogyakarta sebagai alternatif new media penyampaian pesan kepada pendengar. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menerapkan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh fokus pada interaksi dan bagaimana kondisi yang sedang terjadi dilapangan. Penelitian dikaji dengan model penerimaan teknologi (technology acceptance model) atau TAM. Hasil penelitian diketahui bahwa pemanfaatan fitur feeds dengan memberikan informasi terbaru yang sedang hangat dan viral. Konten yang dipublikasikan minimal dua konten per harinya, konten seperti gambar dan video dibuat secara konsisten, baik dari segi bentuk, tampilan dan desain. Namun demikian, konten yang disajikan Instagram @mnctrijayajogja lebih banyak menyadur ulang berita dari media lainnya dan dikemas ulang supaya tampilannya lebih menarik. Fitur Instastory pada Instagram @mnctrijayajogja digunakan untuk menerbitkan ulang postingan yang sudah ada sebelumnya, tidak ada konten baru yang dibuat. Fitur reels dimanfaatkan akun Instagram @mnctrijayajogja untuk konten video berdurasi panjang yang menyajikan informasi terkini, baik informasi nasional maupun informasi di Yogyakarta. Namun demikian, informasi bahan berita yang disajikan lebih banyak dari media lain yang dikemas ulang. Femanfaatan fitur DM oleh akun Instagram @mnctrijayajogja belum dilakukan secara maksimal, karena memang untuk berkomunikasi langsung dengan pendengar, pengelola Instagram @mnctrijayajogja lebih banyak menggunakan pesan Whatsapp. Fitur live dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola Instagram @mnctrijayajogja. Fitur live dimanfaatkan pengelola Instagram @mnctrijayajogja untuk menyiarkan secara langsung program-program radio yang sedang onair

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Instagram, New Media
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2024 08:40
Last Modified: 23 Dec 2024 08:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item
View Item