ANALISIS PROSES PEMBENTUKAN PERSEPSI “KOMUNITAS JOGJA KPOPERS MEDIA” DALAM PERMASALAHAN KARIR IDOL K-POP

Sabrina, Annisa (2023) ANALISIS PROSES PEMBENTUKAN PERSEPSI “KOMUNITAS JOGJA KPOPERS MEDIA” DALAM PERMASALAHAN KARIR IDOL K-POP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_ANNISA SABRINA_190710291.doc

Download (65kB)

Abstract

Permasalahan persepsi terkait idol K-Pop terlihat pada pandangan seseorang terhadap idol Kpop yang dapat memunculkan persepsi positif maupun negatif (persepsi pro kontra) antara para penggemar K-Pop yang cenderung muncul akibat menilai suatu objek permasalahan dari tiga hal yaitu pengalaman, motivasi dan kepribadian sehingga menciptakan persepsi yang berbeda- beda. Persepsi dari komunitas Jogja kpopers media mengatakan permasalahan karir idol terjadi karena adanya faktor isu dari netizen dan dari idol itu sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami arti persepsi dari komunitas Jogja kpopers media terkait permasalahan karir idol K-Pop. Penelitian ini kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti mengkaji penelitian ini dengan menggunakan teori persepsi interpersonal untuk mengetahui persepsi komunitas Jogja kpopers media dalam permasalahan karir idol K-Pop melalui tiga indikator dalam teori persepsi interpersonal. Hasil penelitian (1) Persepsi yang terlihat dari pengalaman narasumber terkait idol K-Pop, (2) Motivasi narasumber untuk mencapai tujuan melalui dorongan positif dan (3) Kepribadian narasumber dalam menyikapi objek permasalahan di penelitian ini. Kesimpulannya bahwa persepsi dapat terbentuk dari adanya pengalaman yang pernah dialami sehingga dapat mempersepsikan objek berdasarkan pengalaman sedangkan motivasi memang sudah menjadi bagian persepsi karena dapat mengacu diri dalam menyikapi suatu objek sehingga dapat menciptakan suatu persepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Idol K-Pop, Komunitas Jogja kpopers media.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:44
Last Modified: 30 Dec 2024 01:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item
View Item