PENGARUH CITRA DIRI VINCENT DAN DESTA TERHADAP KONSUMSI MEDIA DIGITAL OLEH SUBSCRIBER YOUTUBE VINDES

Ikhwan, Muhamdi (2023) PENGARUH CITRA DIRI VINCENT DAN DESTA TERHADAP KONSUMSI MEDIA DIGITAL OLEH SUBSCRIBER YOUTUBE VINDES. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Citra diri artis adalah gambaran diri yang dibuat oleh seniman mengenai penampilan dirinya dan perasaan yang menyertainya berdasarkan penilaian pandangan orang lain terhadap dirinya. Kehadiran Vincent dan Desta pada Channel Youtube VINDES menarik lebih dari tiga juga subscriber. Dalam hal ini, pemberitaan tentang artis Vincent dan Desta yang sering ditampilkan di media menjadi semacam stimulus bagi remaja untuk menimbulkan respons publik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification dan Citra Diri Artis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh citra diri artis terhadap konsumsi media digital oleh subscriber Youtube VINDES. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, pendekatan tipe kuantitatif eksplanasi, dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form Online kepada subscriber channel Youtube VINDES dengan jumlah sampel sebanyak 100 yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh citra diri Vincent dan Desta terhadap konsumsi media digital oleh subscriber channel Youtube VINDES. Hal ini terlihat dari regresi sederhana pada penelitian ini adalah Y = 3,842 + 0,842X + e. nilai konstanta sebesar 3,842 dan koefisien variabel citra diri artis sebesar 0,842. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Berdasarkan tabel Model Summary terlihat bahwa nilai R = 0,691, dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,478 dengan korelasi sedang. Angka tersebut menunjukkan pemahaman bahwa pengaruh citra diri artis terhadap konsumsi media digital sebesar 47,8%. Sedangkan sisinya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Citra Diri Artis, Konsumsi Media Digital, Vincent, Desta
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:36
Last Modified: 07 Aug 2023 03:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19773

Actions (login required)

View Item
View Item