PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020

Aryanti, Defy (2022) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2020. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder berupa laporan tahunan pada perusahaan sub sektor Industri otomotif dan komponen yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020 yang diperoleh dari web Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Uji asumsi klasik membuktikan bahwa data terdistribusi normal, bebas hesterokedastisitas dan multikolonieritas serta tidak terjadi autokorelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil pengujian hipotesis yang telah digunakan dengan menggunakan rumus Analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa (1) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba (2) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih banyak sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dan meneliti lebih dari faktor yang memepengaruhi terjadinya manajemen laba selain faktor ukuran perusahaan dan CSR. Faktor tersebut diantaranya Good Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage, Kualitas Audit dan yang lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan ukuran perusahaan, dan Corporate Social Responsibility merupakan faktor penting terhadap manajemen laba. Dijadikan tolok ukur dalam pengambilan keputusan yang tepat oleh investor baik dalam investasi, kredit maupun yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance, Manajemen Laba
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2025 04:46
Last Modified: 07 Jan 2025 04:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item
View Item