UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014

SARI, RIRIN KURNILA (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
abstrak.docx

Download (11kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
fix skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran matematika kelas VII E SMP N 1 Sedayu. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa dan guru agar
termotivasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas VII E SMP N 1 Sedayu tahun
ajaran 2013/2014. Jumlah siswa 32 orang. Penelitian Tindakan Kelas terlaksana
dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari dua
kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara siswa,
catatan lapangan, hasil LKS, hasil evaluasi dan rekaman peristiwa (elektronik).
Pelaksanaan metode adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolaborator,
pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket guru dan siswa,
lembar observasi, catatan lapangan, wawancara tidak terstruktur, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui
beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, trianggulasi, dan display data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) ternyata dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika sebesar 14,69% sedangkan 1,07% pada motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran matematika pada kelas VII E SMP N 1 Sedayu. Hal
ini ditunjukkan dengan proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) terus meningkat dari siklus I ke siklus
II sebesar 26,33% pada lembar observasi dan 9,47% pada angket siswa. Hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu hasi akhir rata-rata kelas
mencapai 82,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyword: Contextual Teaching and Learning (CTL), motivasi belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:28
Last Modified: 31 Oct 2024 07:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item
View Item