THE EFFECTIVENESS OF SCRABBLE GAME IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL (An Experimentalstudy conducted for the eighth graders in MTs N Anjatan)

Saragih, Tiara (2012) THE EFFECTIVENESS OF SCRABBLE GAME IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL (An Experimentalstudy conducted for the eighth graders in MTs N Anjatan). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak indonesia.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
full cover - list of appendices-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai salah satu bahasa asing di Indonesia, Bahasa Inggris dipelajari oleh
seluruh masyarakat untuk mencapai prospek yang bagus didalam lingkungan
internasional. Salah satunya adalah mampu berkomunikasi dalam menggunakan
Bahasa Inggris. Sebagai salah satu kemampuan berbahasa, berbicara merupakan
kemampuan produktif yang sangat penting untuk dipelajari terutama bagi siswa di
sekolah menengah pertama. Namun dalam kenyataannya kemampuan berbicara yang
dimiliki oleh siswa MTs N Anjatan Indramayu masih rendah. Banyak siswa kelas
delapan masih belum mampu berbicara Bahasa Inggris dengan fasih. Mereka masih
kurang dalam kosakata dan kurangnya percaya diri. Bahkan kebanyakan dari mereka
masih merasa takut jika membuat beberapa kesalahan.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan dari permainan
scrabble dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara khususnya
terhadap siswa kelas delapan. Peneliti menggunakan dua kelas sebagai subjek dari
penelitianya itu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimenya itu kelas
yang diajarkan dengan menggunakan permainan scrabble dan kelas kontrol yang
diajarkan tanpa menggunakan permainan scrabble. Peneliti menggunakan pre-tes dan
pos-tes untuk mengevaluasi peningkatan yang dicapai siswa.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa mengajar berbicara dengan
menggunakan permainan scrabble dapat dikatakan efektif. Hasil itu dapat dibuktikan
dari penghitungan statistik yang telah dikalkulasikan dengan menggunakan rumus t
tes. Hasil uji t-tes dari nilai pos-tes adalah 3,550. Sedangkan t-tabel yang diperoleh
dari nilai df N-2 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai t-tabel adalah
1,991. Dapat dikatakan bahwa hasil uji t-tes lebih besar dari nilai t-tabel (3,550 >
1,991). Kesimpulannya menunjukan bahwa mengajar speaking dengan menggunakan
permainan scrabble adalah efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:07
Last Modified: 01 Nov 2024 02:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20132

Actions (login required)

View Item
View Item